• Selasa, 4 Oktober 2022

Susun SKL Pondok Pesantren Salafiyah, Kemenag Gandeng Majelis Masyayikh

- Rabu, 21 September 2022 | 19:10 WIB
Ilustrasi Pondok Pesantren Salafiyah (ilustrasi pixabay.com)
Ilustrasi Pondok Pesantren Salafiyah (ilustrasi pixabay.com)

MUSLIMKITA.COM - Kementerian Agama (Kemenag) bersama dengan Majelis Masyayikh menggelar Workshop Pemetaan Kurikulum Pondok Pesantren Salafiyah.

Workshop ini digagas guna menyusun  Standar Kompetensi Lulusan (SKL) Pondok Pesantren Salafiyah.

Workshop Pemetaan Kurikulum Pondok Pesantren Salafiyah diikuti 30 peserta, terdiri atas perwakilan Pesantren Salafiyah dan Majelis Masyayikh, serta sejumlah Kepala Bidang Pesantren Kanwil Kemenag Provinsi.

Baca Juga: Rebo Wekasan, 6 Hal yang Harus Kamu Ketahui Tentang Hari Terakhir di Bulan Safar

Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren, Waryono Abdul Ghofur  mengungkapkan, workshop mempersiapkan pendataan santri Salafiyah sebagai bagian dari data peserta didik secara nasional. Langkah ini antara lain untuk mengidentifikasi pesantren yang benar-benar murni salafiyah dan santrinya tidak terdata sebagai santri muadalah, diniyah formal, dan juga bukan siswa madrasah/sekolah.

 “Kami tengah merumuskan kriteria kelulusan santri pesantren salafiyah. Kriteria nantinya akan ditetapkan oleh majelis masyayikh,” terang Waryono Abdul Ghofur.

“Jadi kami melakukan pendataan para santri yang benar-benar murni belajar di Pesantren Salafiyah,” jelasnya.

Baca Juga: Contoh Biantara Bahasa Sunda dengan Tema Cita Cita

Melalui sambungan virtual Zoom Clouds Meeting, Ketua Majelis Masyayikh Pesantren, Abdul Ghaffar Rozin, menjelaskan tentang Standar Kompetensi Lulusan (SKL) Pesantren Salafiyah yang saat ini tengah digodok oleh Majelis Masyayikh.

Menurutnya, SKL Pesantren akan menjadi acuan pada uji kompetensi santri pondok pesantren Salafiyah ke depan dan tentunya akan berkaitan erat dengan kurikulum pesantren.

Halaman:

Editor: Adi Wahyudi

Sumber: Kemenag

Tags

Terkini

Kemenag Buka Kemah Moderasi 2022

Senin, 29 Agustus 2022 | 20:10 WIB

Terpopuler

X